Kecanggihan Mobil Mazda

Mazda merupakan salah satu produsen mobil asal Jepang yang teknologinya tergolog maju. Mulai dari desain, mesin penggerak, hingga fitur-fitur yang disematkan.

Namun, saat berbicara tentang mobil rendah emisi seperti hybrid atau listrik, Mazda tampak diam membisu.

Berbincang bersama beberapa wartawan, Sales, Marketing & Public Relation Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio, mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang menjadi pertimbangannya. Secara keseluruhan, menurutnya pertanyaan mendasar dari konsumen belum terjawab seperti harga (biaya servis sampai resell value) hingga popularitas.

"Alasan mengapa orang mau beli mobil rendah emisi (hybrid maupun full electric) ada tiga, yaitu fisiensi, perawatan murah, dan tidak banyak aturan yang mengikat (terkait kebijakan-Red). Tapi kalau mau diterapkan sekarang, khususnya Indonesia, infrastrukturnya bagaimana. Hal kecil deh, colokan ngecasnya. Karena dia beda loh, bukan colokan rumah. Ada ketentuan berapa volt dan lain sebagainya, bentuknya juga berbeda. Kalau dicolok di rumah bisa mati lampu serumah itu," katanya.

"Lalu, ada lagi pertanyaan-pertanyaan seperti servisnya mahal atau tidak. Karena kan ini pakai dua engine ya (satu saja sudah mahal). Resale valuenya juga bagaimana, jatuh atau tidak harganya bila dijual kembali. Maintenance cost-nya juga bagaimana. Nah ini yang harus terjawab dulu. Oleh karena itu kami masih melakukan studi," lanjut Ricky.

Satu hal yang paling penting dan menarik baginya terkait mobil rendah emisi ialah keputusan pemerintah lewat payung hukumnya. Memang, kendaraan seperti itu direncanakan tidak akan terkena pajak sehingga harga jualnya menjadi murah. Tapi itu tak lantas membuat para pengendara mobil beralih ke roda empat hybrid maupun listrik.

"Kalau aturannya sudah disesuaikan sampai harga turun mungkin orang akan tertarik. Tapi tidak menampik juga ada faktor lain seperti harga jual kembalinya bagaimana, transportation cost dan total ownership costnya juga seperti apa. Karena orang Indonesia itu beli mobil nanti akan dijual kembali walaupun sekarang sudah sedikit banyak mengarah untuk mencari kendaraan yang nyaman," papar Ricky.

Dari paparan tersebut, dirinya menyimpulkan bahwa memasukkan kendaraan hybrid ataupun listrik ke Indonesia belum tepat. "Bila berbicara bisnis, ya kita tidak mau dong membawa satu produk yang mahal tapi malah merugi. Jadi, bila semua penunjang sudah beres kemungkinan kita akan melangkah kesana," tutupnya. 
Kecanggihan Mobil Mazda Kecanggihan Mobil Mazda Reviewed by lydiapradita on 7:23 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.