Cara Cepat Atasi Infeksi Puting Susu Saat Menyusui Bayi




Infeksi pada payudara disebabkan terjadinya penyumbatan saluran susu atau bisa juga disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui pori-pori dan puting susu. Ketika terjadi infeksi, Anda perlu menangani pemberian ASI dengan susu bantu yang bisa dibeli dengan potongan harga saat ada diskon ramadhan. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi infeksi puting susu.

1.      Melakukan Pijatan pada Payudara yang Mengalami Infeksi 

Pijatan pada payudara dilakukan dengan cara memijat dari arah lingkaran menuju ke arah puting. Pijatan dilakukan gerakan melingkar kecil sambil ditekan-tekan lembut pada daerah yang terinfeksi.
Saat melakukan pijatan, sediakan minyak apricot dan bibit gandum dengan jumlah yang sama. Anda bisa juga menggunakan minyak kamper dan 2 sendok makan minyak zaitun. Lakukan pijatan secara rutin setiap harinya sampai payudara Anda membaik.

2.      Kompres Payudara dengan Handuk Panas dan Dingin

Kompres dingin yang dilakukan pada payudara berguna untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Kompres panas berguna untuk membantu membuka penyumbatan pada payudara, berguna juga untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu aliran susu menjadi lancar.

Cara melakukan kompresnya adalah dengan menyiapkan handuk yang telah membungkus botol air panas atau botol air dingin sesuai dengan yang dibutuhkan. Gunakan kompres panas terlebih dahulu selama 15 menit pada payudara yang terinfeksi.

Selanjutnya, gunakan kompres dingin selama 5 menit pada payudara yang mengalami infeksi. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sekali pengobatan. Terapkan setiap hari hingga payudara Anda mengalami kondisi yang lebih baik.

3.      Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C 

Vitamin c berfungsi untuk melawan infeksi yang terjadi pada payudara dan juga berfungsi untuk menyembuhkan jaringan kulit yang rusak. Vitamin c juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga mempercepat proses pemulihan payudara yang terinfeksi.

Makanan yang bisa dikonsumsi yaitu lemon, kiwi, jambu biji, jeruk, limau, pepaya, stroberi, sawi, brokoli, dan kangkung. Bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin c setelah konsultasi dengan dokter. Selain itu, banyak lah minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Anda bisa membeli kebutuhan vitamin c dengan harga diskon ramadhan di toko tertentu.

4.      Jaga Kebersihan dan Kenyamanan Puting Susu Anda

 Bagian terpenting untuk menghindari infeksi adalah dengan menjaga kebersihan puting susu Anda. Setiap selesai menyusui bayi biasakan untuk membersihkannya dan mengeringkannya baru Anda kembali memasang bra dan juga baju. Kemudian biasakan untuk memakai pakaian yang longgar untuk menghindari gesekan pada puting Anda.

Selama masa menyusui Anda harus sangat berhati-hati. Jika Anda mengalami sakit maka secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kesehatan anak Anda. Makanan bergizi yang dibutuhkan tersedia di Orami dengan harga diskon ramadhan. Anda harus mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menghasilkan ASI yang berkualitas.

Cara Cepat Atasi Infeksi Puting Susu Saat Menyusui Bayi Cara Cepat Atasi Infeksi Puting Susu Saat Menyusui Bayi Reviewed by lydiapradita on April 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.