Ini Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Tua Cantik Oxford Inggris



Tahu kan bila artis Maudy Ayunda pernah kuliah di Oxford Inggris? Apa sih menariknya Oxford sampai-sampai artis cantik tersebut memilih kota ini dan tidak memilih kota beda di Inggris? Beberapa waktu kemudian saya mendatangi Oxford Inggris dan mengejar jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di pikiran saya.

Oxford adalahkota pelajar sangat terkenal di Inggris yang berjarak selama 200 kilometer dari pusat kota London. Kita dapat naik kereta atau bus untuk mencapai kota ini. Saya naik kereta dari di antara stasiun di London dengan melakukan pembelian tiket di pounding machine. Perlu waktu selama 1 jam sampai sampai di kota tua Oxford yang cantik.

Saya mempunyai waktu 12 jam guna berkeliling sebelum pulang ke London senja harinya. Di stasiun Oxford terdapat paket tour yang akan mengirimkan kita keliling kota Oxford, namun saya lebih suka berkeliling sendiri. Apa saja yangdapat kita kunjungi dan kerjakan di Oxford? Berikut rekomendasi buat anda yang ingin berangjangsana ke Oxford Inggris.

1. JALAN-JALAN KELILING KAMPUS UNIVERSITAS OXFORD

Universitas Oxford adalahperguruan tinggi berbahasa Inggris tertua di dunia. Berdasarkan keterangan dari data, universitas ini telah didirikan semenjak abad ke 11, namun sebab kelemahan arsip sejarah, sampai-sampai tidak diketahui kapan tepatnya universitas ini didirikan.

Keluar stasiun saya berlangsung kaki mengelilingi areal kampus. Kota ini benar-benar cantik, tenang dan nyaman. Bangunan-bangunan tua bergaya Victoria menjulang di masing-masing sudut kota dan terawat dengan baik. Berjalan di areal kampus ini, saya seperti menginjak kehidupan berabad-abad yang lalu. Banyak turis baik sendiri maupun berkelompok bareng tour guide hilir mudik mengelilingi kota. Ada 38 college di Oxford dan college yang dapat dikunjungi laksana Exeter College yang didirikan pada tahun 1314 dan Hertford College yang didirikan pada tahun 1282.

2. MENGUNJUNGI CHRIST CHURCH KATEDRAL

Kesuksesan novel Harry Potter juga dibuntuti kesuksesan film-film-nya. Parapeminat film Harry Potter tentu tidak asing dengan The Great Hall, lokasi Harry Potter dan sahabat-sahabatnya kesatu kali menghadapi topi seleksi guna masuk ke asrama Gryffindor, Slytherin, Ravenclaw atau Hufflepuff. Di hall ini pula,seringkali para murid sekolah sihir Hogward berkumpul untuk santap malam, menerima paket dari family masing-masing, lokasi Dumbledor mengucapkan pengumuman-pengumuman urgen dengan mengobarkan lilin-lilin terbang di atas langit-langit ruangan. Satu lokasi yang menjadi ilham The Great Hall ialah Dining Hall yang sedang di Chrish Church katedral, Universitas Oxford.

Chrish Church ialah satu-satunya gereja yang tergabung di dalam lingkungan kampus Universitas Oxford. Setelah menjadi tempat syuting penciptaan film Harry Potter, pengunjung gereja tersebut meningkat drastis. Tujuan utama mereka ialah The Dining Hall yang menjadi ilham The Great Hall yang terdapat di film Harry Potter.

Pengunjung dari sekian banyak  manca negara hendak melihat secara langsungtempat pengambilan gambar film Harry Potter. Ketika saya mendarat di depan gereja, antrian telah mengular panjang. Lima belas menit antre, mendarat giliran saya melakukan pembelian tiket dan melalui pemeriksaan security. Saya lantas dipersilakan masuk ke areal gereja.

Areal Chrish Church paling luas dan saya memilih guna langsung ke Dining Hall. Pengunjung terlihat terpesona melalui bagian-bagian bangunan kuno Victoria yang megah dan cantik. Setelah menaiki tangga, sampailah saya di depan The Dining Hall. Karena antrean banyak, petugas menata jumlah orang yang masuk ke dalam The Dining Hall. Dan tibalah giliran saya menginjak Dining Hall.

Arus pengunjung perlahan menginjak Dining Hall seraya terus memotret masing-masing sisi Dining Hall. Ruangan ini benar-benar serupa dengan The Great Hall di film Harry Potter. Tata letak meja panjang dan kursi, peralatan santap dan foto-foto yang terpasang di dinding. Bahkan pada unsur depan tempat semua guru dan kelapa sekolah Hogward pun mempunyai kesamaan. Sambil berlangsung memutar,semua pengunjung yang banyak sekali penggemar Harry Potter mengabadikan momenttrafik mereka seolah mereka benar-benar berada dalam kondisi malam malam di sekolah sihir Hogward.

Tak melulu The Dining Hall yang menjadi ilham film Harry Potter, sejumlah tempat di areal Chrish Church pun menjadi tempat syuting film Harry Potter. Setelahterbit dari The Dining Hall, saya mengarah ke lapangan luas yang menjadi tempatpelajaran Quidditch Harry Potter dan teman-temannya. Di lokasi ini pun kesatukalinya Harry Potter belajar naik sapu terbang dan terbang mengelilingi menara-menara kastil Hogward. Saya menginginkan terbang memakai sapu terbangmenyaksikan kota Oxford yang cantik dari ketinggian.

3. MENIKMATI MUSIK JALANAN YANG MENARIK

Ketika saya hingga di pusat kota tua, terlihat jajaran pertokoan, restoran dan kafe-kafe. Banyak orang berkerumun di pinggir jalan merasakan sajian musik yang dimainkan sekelompok anak muda. Permainan musiknya unik dan tampak profesional. Banyak orang berhenti dan merasakan sampai berlalu sebelum lantas memberikanduit di kotak wadah perangkat musik yang tersingkap di depan grup musik itu. Banyak band mendunia yang didirikan di Oxford laksana Radiohead dan Thom Yorke.
Ini Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Tua Cantik Oxford Inggris Ini Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Tua Cantik Oxford Inggris Reviewed by lydiapradita on July 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.