Guna Lampu Hazard di Sepeda Motor untuk Situasi Darurat Saja


Lampu tanda terpaksa yang biasa lebih dikenal sebagai lampu hazard di mobil ialah hal yang paling umum dan bahkan mesti ada. Lambat laun fitur ini mulai diadopsi guna sepeda motor. 

Fitur lampu hazard, walau masih menjadi sesuatu yang asing, sudah dapat ditemukan pada sejumlah tunggangan terbaru laksana Honda PCX, Yamaha Lexi, dan Yamaha R15 contohnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani menjelaskan, bila pemakaian lampu ini sendiri sebetulnya sama saja dengan yang terdapat di mobil yakni digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai jalan lain.

"Penggunaan lampu hazard sudah ditata dalam Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penggunaannya juga tidak dapat sembarangan, lampu ini digunakan kalau situasi terpaksa saja," cerah dia.

Situasi terpaksa yang dimaksudkan Agus ialah seperti ketika kendaraan mesti menepi sebab mogok ataupun masalah lainnya yang menciptakan kendaraan susah untuk dipindahkan lagipula diperbaiki di tempat. 

"Makanya biasa bila di motor itu melulu dipasang di yang punya cc besar, yang guna didorong saja berat. Maka seharusnya bila lihat kendaraan berhenti dengan lampu hazard tersebut harus dibantu, sebab pasti tersebut situasi darurat," tambah dia lagi.

Oleh sebab tersebut dia sendiri mengaku tidak cukup setuju dengan praktik modifikasi menambahkan lampu hazard pada motor yang ukurannya relatif lebih kecil dan masih barangkali untuk dipungut tindakan pada kondisi darurat. Apalagi, andai penambahan lampu hazard pada motor yag dipakai untuk touring.

"Seharusnya memang tidak perlu memakai lampu hazard pada ketika touring. Karena di samping bukan fungsinya, juga dapat membuat kendaraan di belakang menjadi bingung saat kendaraan di depan bakal berbelok," ujarnya memblokir percakapan.
Guna Lampu Hazard di Sepeda Motor untuk Situasi Darurat Saja Guna Lampu Hazard di Sepeda Motor untuk Situasi Darurat Saja Reviewed by lydiapradita on October 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.